INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
Instrumen
9-a:
Administrasi
Perencanaan Pembelajaran (Berdasarkan Standar Proses)
Administrasi Perencanaan Pembelajaran
Nama Sekolah/Madrasah :
..........................................
Nama Guru : ..........................................
Pangkat/Golongan :
..........................................
Mata Pelajaran :
..........................................
Jumlah Jam Tatap Muka :
..........................................
Semester/Kelas :
..........................................
NO
|
KOMPONEN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
|
KONDISI
|
SKOR
|
KETERANGAN
KETERCAPAIAN
|
||||
ADA
|
TIDAK
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Program Tahunan
|
|
|
|
|
|
|
4= Sangat baik
3= baik
2= cukup
1= kurang
|
2
|
Program Semester
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Silabus
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
RPP
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Kalender
Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Jadwal Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Agenda Harian
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Daftar Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
KKM
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Absensi Peserta
Didik
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Buku Pedoman
Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Buku Teks
Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Maksimal
(48)
Ketercapaian
: 86% - 100% = Baik Sekali
70% - 85% = Baik
55% - 69% = Cukup
|
Banyuasin, 1
Oktober 2014
Guru yang
disupervisi Kepala
Sekolah/Madrasah
......................................
............................................
NIP. NIP.
Instrumen
9-b:
Check List Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Berdasarkan Dokumen RPP Guru
Instrumen ini harus diisi berdasarkan
dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru yang disupervisi akademik.
Sertakan dokumen RPP guru Saudara sebagai pendukung dan bukti instrumen ini.
INSTRUMEN CHECK LIST RENCANA PEMBELAJARAN
Nama Guru :..............................................................
Sekolah/Madrasah :..............................................................
Kelas/Semester :..............................................................
Identitas Mata Pelajaran :..............................................................
Standar Kompetensi :..............................................................
Kompetensi Dasar :..............................................................
Hari/Tanggal Supervisi Akademik
:..............................................................
NO
|
ELEMEN
|
BERI
TANDA CENTANG
|
KOMENTAR
|
SARAN/ PERBAIKAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
||||
A
|
RPP yang lengkap dan sistematis memeuat komponen
|
|
|
|
|
1
|
Identitas satuan pendidikan
|
|
|
|
|
2
|
Identitas mata pelajaran atau tema/subtema
|
|
|
|
|
3
|
Kelas/program/semestar
|
|
|
|
|
4
|
Materi pokok
|
|
|
|
|
5
|
Alokasi waktu
|
|
|
|
|
6
|
Kompetensi Dasar yang harus
|
|
|
|
|
7
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
8
|
Tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
9
|
Materi ajar
|
|
|
|
|
10
|
Metode pembelajaran
|
|
|
|
|
11
|
Media pembelajaran
|
|
|
|
|
12
|
Langkah-langkah pembelajaran; pendahuluan, inti, penutup
|
|
|
|
|
13
|
Sumber belajar
|
|
|
|
|
14
|
Penilaian pembelajaran
|
|
|
|
|
B
|
Prinsip Penyusunan RPP
|
|
|
|
|
15
|
Mempertimbangkan perbedaan kebutuhan setiap peserta
didik
|
|
|
|
|
16
|
Mendorong partisipasi aktif peserta didik (pembelajaran
aktif);
|
|
|
|
|
17
|
Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat
belajar
|
|
|
|
|
18
|
Mengembangkan budaya membaca dan menulis
|
|
|
|
|
19
|
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat
rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan
remedi
|
|
|
|
|
20
|
Menekankan keterkaitan dan keterpaduanantara KD, materi
pembelajaran, kegiatan pem-belajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar
|
|
|
|
|
21
|
Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan
lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya
|
|
|
|
|
22
|
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara
terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
|
|
|
|
|
Banyuasin,
Guru yang
disupervisi Kepala
Sekolah/Madrasah
......................................
............................................
NIP. NIP.
INSTRUMEN 9 C
Lembar Observasi/Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran
di Kelas
Gunakan juga instrumen
ini untuk melakukan wawancara dengan guru dan peserta didik, agar mendapatkan
penjelasan lebih lanjut jika diperlukan.
Lembar Observasi/Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas
Sekolah/madrasah :
……………………………..……………………………..
Nama Guru :
……………………………..……………………………..
Kelas, Semester :
……………………………..……………………………..
Identitas Mata pelajaran :
……………………………..……………………………..
Hari/ tanggal Supervisi
akademik :
……………………………..……………………………..
Petunjuk:
Berikut ini disajikan
poin-poin berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran. Berilah tanggapan sesuai
dengan apa yang Saudara amati, dengan memberi tanda cek (√) pada kolom pilihan.
Ketentuan (√) adalah
sebagai berikut:
5 : dilakukan dengan
sangat baik
4 : dilakukan dengan baik
3 : cukup dilakukan
dengan baik
2 : kurang baik dilakukan
1 : tidak dilakukan
NO
|
KOMPONEN (URAIAN)
|
SKOR
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
1
|
Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Guru melakukan kegiatan appersepsi (mengajikan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari)
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus
|
|
|
|
|
|
B
|
KEGIATAN INTI
|
|
|
|
|
|
|
Eksplorasi
|
|
|
|
|
|
1
|
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentng topic/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai
sumber
|
|
|
|
|
|
2
|
Guru memilih dan menggunakan media dan sumber belajar
dengan tepat
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru menggunakan metode dengan tepat (mengacu pada
karakteristik materi dan siswa)
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain
|
|
|
|
|
|
5
|
Guru menfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya
|
|
|
|
|
|
6
|
Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
7
|
Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio atau lapangan
|
|
|
|
|
|
|
Elaborasi
|
|
|
|
|
|
1
|
Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
|
|
|
|
|
|
2
|
Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru, baik secara
lisan maupun tertulis
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru memberikan kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif
|
|
|
|
|
|
5
|
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|
|
|
|
|
6
|
Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan, baik secara lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok
|
|
|
|
|
|
7
|
Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok
|
|
|
|
|
|
8
|
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
|
|
|
|
|
|
9
|
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan
|
|
|
|
|
|
C
|
Konfirmasi
|
|
|
|
|
|
1
|
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberikan latihan pengembangan untuk mengaplikasikan
hasil eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi &
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
|
|
|
|
|
|
5
|
Guru berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar
|
|
|
|
|
|
6
|
Guru membantu menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
|
7
|
Guru memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi
|
|
|
|
|
|
8
|
Guru memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
|
|
|
|
|
|
9
|
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif
|
|
|
|
|
|
C
|
Kegiatan Penutup
|
|
|
|
|
|
1
|
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberikan latihan pengembangan untuk mengaplikasikan
hasil eksplorasi, elaborasi dam konfirmasi
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
5
|
Guru memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah
|
|
|
|
|
|
6
|
Guru merencanakan kegiatan tindal lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedy, program pengayaan, layanan konseling da/atau memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar
peserta didik
|
|
|
|
|
|
7
|
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya
|
|
|
|
|
|
D
|
Penilaian
|
|
|
|
|
|
1
|
Guru melaksanakan penilaian hasil belajar
|
|
|
|
|
|
2
|
Guru menyampaikan kompetensi yang telah dicapai kepada
siswa
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru memberikan tugas mandiri kepada siswa
|
|
|
|
|
|
E
|
Komponen Umum
|
|
|
|
|
|
1
|
Sajian isi materi pembelajaran terorganisasi dengan
tepat (mudah ke sulit, sederhana ke kompleks, dsb)
|
|
|
|
|
|
2
|
Antusias siswa
|
|
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut dan/atau
mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang direncanakan
|
|
|
|
|
|
4
|
Penggunaan waktu sesuai yang direncanakan
|
|
|
|
|
|
5
|
Menggunakan bahasa yang santun, komunikatif, baik dan
benar
|
|
|
|
|
|
|
Rekomendasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Banyuasin,
.................................
Guru yang
disupervisi Kepala
Sekolah/Madrasah
......................................
............................................
NIP. NIP.
Pengolahan
Hasil Pengamatan
Skor
Indikator keberhasilan
Keberhasilan
pelaksanaan kegiatan pembelajaran diskor berdasarkan pertimbangan kualitas
proses dan hasil yang diklasifikasikan sebagai berikut:
Skor tiap
aspek: merupakan jumlah skor dari komponen
|
Kinerja
komponen aspek = Jumlah skor komponen yang diperoleh =
Jumlah skor maksimum setiap komponen
Skor Total: merupakan jumlah
skor semua komponen (jumlah skor total = 220)
Nilai Kinerja
AMAT BAIK =
skor 162 – 220
BAIK = skor 132 – 160
CUKUP = skor 112 – 130
KURANG = skor ≤ 112
Perhitungan
Nilai
Klasifikasi
nilai kinerja diberikan pada komponen dan Grand Summary (Umum) dengan kriteria
sebagai berikut:
AMAT BAIK =
81 – 100 %
BAIK = 66 – 80 %
CUKUP = 56 – 65 %t
KURANG = ≤ 56
Instrumen 9-d
Daftar Pertanyaan Setelah Observasi
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Bagaimana pendapat Saudara setelah menyajikan pelajaran
ini?
|
|
2
|
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang
direncanakan?
|
|
3
|
Dapatkah Saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan
memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?
|
|
4
|
Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan
pembelajaran?
|
|
5
|
Apa yang menjadi kesulitan siswa?
|
|
6
|
Apa yang menjadi kesulitan Saudara?
|
|
7
|
Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan
Saudara?
|
|
8
|
Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang
telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang
baru saja Saudara lakukan dan pengamatan saya
|
|
9
|
Dengan demikian, apa yang akan Saudara lakukan untuk
pertemuan berikutnya?
|
|
|
Kesan umum
|
|
|
Saran
|
|
Banyuasin,
1 Oktober 2014
Kepala
sekolah
…………………………………….
NIP.
REKAPITULASI HASIL SUPERVISI AKADEMIK
No
|
Nama
|
NILAI
|
|
Catatan hasil
temuan
|
||
Perangkat
pembelajaran
|
Proses
pembelajaran
|
Penilaian
Pembelajaran
|
Skor rata-rata
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rentang penilaian: Banyuasin,
91-100
= A Kepala
sekolah
75-90
= B
55-74
= C
<55
= K ........................................
MENYUSUN RENCANA TINDAK LANJUT
NO
|
KEGIATAN
|
TAGIHAN
|
WAKTU
|
PIHAK TERKAIT
|
1
|
Melaksanakan supervisi
perangkat pembelajaran
|
|
|
|
2
|
Melaksanakan
supervise proses pembelajaran
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan
supervisi penilaian pembelajaran
|
|
|
|
4
|
Mempersiapkan laporan dan
presentasi
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar