PROGRAM SUPERVISI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke
desentralisasi telah mendorong
terjadinya perubahan dan pembaharuan pada
beberapa aspek pendidikan, termasuk pula dalam upaya membina dan meningkatkan kinerja guru
yang dilakukan oleh kepala sekolah. Kompetensi
supervisi merupakan satu kemampuan yang
harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah setelahnya kompetensi pedagogik,
kepribadian, sosial, dan profesional.
Secara
etimologi, kata ”pengawasan (supervisi)”, berasal dari istilah Inggris
”supervision”, terdiri dari dua kata ”super (lebih)” dan ”Vision (melihat)”,
yang berarti ”melihat dari atas” (S. Arikunto, 2004 : 4), sehingga supervisi dapat diartikan sebagai kegiatan
memperhatikan dengan seksama
terhadap suatu pekerjaan secara keseluruhan. Sedangkan orang yang melakukan supervisi lebih
dikenal dengan sebutan supervisor atau pengawas. Kepengawasan di sekolah yang dilakukan secara terus menerus setiap saat
dilakukan oleh seorang kepala sekolah, sedangkan yang insidental dan tidak
langsung dilakukan oleh seorang pengawas sekolah.
Menurut
Jam’an Satori (1999) dalam Dadang
Suhardan (2006:28), supervisi adalah pengawasan profesional yang dijalankan
berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan. Oleh karena itu pengawasan satuan
pendidikan tidak dapat dilakukan oleh sembarangan orang, namun harus oleh orang
yang telah memiliki kompetensi khusus
yang telah dipersiapkan terlebih
dahulu dari waktu sebelumnya. Supervisi
Pendidikan merupakan disiplin ilmu yang memfokuskan diri pada pengkajian
peningkatan situasi belajar mengajar, memberdayakan guru dan mempertinggi
kualitas mengajar. Sehingga dampaknya dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran, prestasi belajar siswa, dan
berarti meningkatlah kualitas lulusan sekolah itu (S. Arikunto, 2004 :
5).
Apabila didasarkan
pada konsep pengertian di atas, kegiatan supervisi dibedakan menjadi dua, yaitu
(1) supervisi akademik (pengawasan
operasional), dan (2). Supervisi
manajerial (pengawasan administrasi/pengawasan organisasional). Supervisi
akademik, menitik beratkan pengamatan pada masalah yang langsung berada dalam
lingkup pembelajaran yang dilakukan guru untuk membantu siswa ketika sedang
dalam proses belajar. Sedangkan supervisi
manajerial menitik beratkan pengamatan pada aspek-aspek administrasi sebagai
lingkungan belajar yang berfungsi mendukung kepada terlaksananya pembelajaran.
Kedua bentuk kegiatan supervisi itu, disebut sebagai supervisi pendidikan.
Berdasarkan uraian latar belakang di atas
seperti halnya tahun lalu, pada tahun pelajaran sekarang ingin juga melakukan kegiatan supervisi ,
sehingga terlebih dahulu membuat program
yang diberi judul “Program Supervisi SDN
13 Muara Padang Tahun Pelajaran 2014/2015
B.
Dasar Hukum
Penyusunan program kegiatan supervisi tahun pelajaran 2014/2015 ini di
dasarkan kepada :
1. UUD 1945
Pasal 31
2.
Undang-undang No. 20 tahun 2003
tentang sistem Pendidikan Nasional
3.
Permendiknas Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4. Peraturan
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
No.16/2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
5. Kalender
Pendidikan tahun ajaran 2014/2015
C.
Tujuan
Tujuan dari penyusunan program supervisi ini antara lain :
1. Sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan supervisi
secara keseluruhan dan tepat.
2. Meningkatkan Kompetensi dan kineja guru dalam
perencanaan dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang bermakna dan berkualitas.
3. Sebagai Standar ukur mercapai KKM dan SKL yang
ditetapkan dalam Kurikulum SDN 13 Muara Padang.
4. Sebagai pedoman mencampai angka kredit pendidik
melalui mekanisme PKG
5. Sebagai pedoman untuk meningkatkan kompetensi
pendidik dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
6. Meningkatkan mutu pendendidikan khususnya di SDN 13
Muara Padang.
D. Sasaran
Sasaran dari program kegiatan ini adalah :
1. Seluruh guru SDN 13 Muara Padang yang terdiri dari
:
NO
|
JENIS
GURU
|
PNS
|
NON PNS
|
JUMLAH
|
1.
|
Guru Kelas
|
3
|
3
|
6
|
2.
|
Guru Pendidikan Agama Islam
|
-
|
1
|
1
|
3.
|
Guru Penjaskes
|
-
|
1
|
1
|
JUMLAH
|
3
|
5
|
8
|
E.
Hasil yang diharapkan
Adapun
hasil yang diharapkan dari kegiatan supervisi ini adalah :
1.
Terlaksananya
supervisi secara keseluruhan dan tepat sasaran.
2.
Meningkatnya
kompetensi dan kinerja guru serta terwujudnya pembelajaran yang bermakna
3.
Tercapainya
KKM dan SKL sesuai Kurikulum SDN 13 Muara Padang
4.
Tercampainya
angka kredit pendidik sesuai dengan mekanisme PKG
5.
Meningkatnya
kompetensi pendidik melalui mekanisme PKB
6.
Meningkatnya
mutu pendidikan di SDN 13 Muara Padang.
F.
Metode Penyusunan Program
Dalam menyusun program kegiatan ini Penyusun
Mencoba menggunakan metode deskriptif
yakni dengan bercermin pada kegiatan sejenis yang sudah biasa dilakukan,
dan berusaha mengamati,memantau dan menganalisa serta menghubungkan perencanaan
dan pelaksanaan dan fakta-fakta kenyataan dilapangan yang mengacu pada
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.16/2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Sehingga hasilnya dapat diperkirakan mampu diterima oleh dua belah pihak antara
supervisor dan yang disupervisi, serta
tidak terlalu menyimpang dari aturan yang berlaku.
G.
VISI DAN MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
1. Visi:
Mewujudkan sekolah sebagai
wahana untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan akhlak mulia .
2. Misi
1. Menerapkan pembelajaran PAIKEM.
2. Menerapkan
manajemen partisipasi dengan melibatkan seluruh warga sekolah, komite sekolah dan masyarakat.
3. Menanamkan
sikap patuh pada ajaran agama dan akhlak
mulia dalam kehidupan sehari.
4. Menyelenggarakan
kegiatan ekstrakurikuler di bidang Pramuka, seni dan olah raga.
5. Meningkatkan
professionalisme guru melalui berbagai pendidikan dan pelatihan.
3.
Tujuan Sekolah
Tujuan
pendidikan di SDN 13
Muara Padang adalah:
a.
Dapat
mencapai nilai rata-rata 7,0 dalan setiap Ujian Sekolah secara Nasional
b.
Tesedianya
sarana dan prasarana yang representatif
c.
Peserta
didik senantiasa melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama.
d.
Memiliki kreatifitas dalam bidang seni dan
mampu tampil di sekolah dan masyarakat.
e. Profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran
.
BAB II
PROGRAM
LAYANAN SUPERVISI
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
A. Jadwal
Layanan Supervisi Tahun Pelajaran 2014/2015
Kegiatan Supervisi Tahun
Pelajaran 2014/2015 diawali dengan tahap supervisi manajerial
administratif dan supervise akademik/proses pembelajaran serta Refleksi,
bimbingan dan pengawasan serta tindak lanjut .
Adapun jadwal layanan supervisi yang akan dilaksanakan sebagai
berikut :
Semester
Gazal
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
WAKTU
|
1
|
Penyusunan
Program Supervisi
|
-Terwujud
program supervisi akademik dan supervise Manajerial
|
Program
supervisi perencanaan PBM, pelaksanaan PBM, perbaikan dan pengayaan,Bimbingan
dan pembinaan
|
Minggu
ke 4 bulan Agustus 2014
|
2
|
Sosialisasi
program yang hendak dilaksanakan
|
-Mensosialisasikan
seluruh program,tujuan dan sasaran supervisi
|
-Seluruh
guru sebagai sasaran supervisi
-Tenaga
Pendidik yang magang
|
Awal
tahun pelajaran 2014/2015
|
3
|
Supervisi/bimbingan
perencanaan
dilakukan di KKG tingkat sekolah
|
-Melakukan
anilisis SK/KD dan penyusunan Indikator Pencapaian KD,yang bersifat tematik,
dan mengaplikasikan budaya karakter bangsa
|
Guru
Kelas 1-2-3 dan guru mapel
|
Minggu
ke 3 bulan September 2014
|
4
|
Supervisi/bimbingan
perencanaan
dilakukan di KKG tingkat sekolah
|
-
Melakukan anilisis SK/KD dan penyusunan Indikator Pencapaian KD,yang bersifat
parsial ,dan mengaplikasikan budaya karakter bangsa
|
Guru
Kelas 4-5 – 6 dan guru mapel
|
Minggu
ke 2 bulan September 2014
|
5
|
Supervisi/bimbingan
perencanaan
dilakukan di KKG tingkat sekolah
|
-Penyusunan
promes,silabus , RPP dan penentuan KKM
|
Guru
Kelas 1-2-3 dan guru mapel
|
Minggu
ke 3 bulan September 2014
|
6
|
Supervisi/bimbingan
perencanaan
dilakukan di KKG tingkat sekolah
|
-Penyusunan
promes,silabus , RPP dan penentuan KKM
|
Guru Kelas
4-5 – 6 dan guru mapel
|
Minggu
ke 3 bulan September 2014
|
7
|
Supervisi manejerial (administrative)
|
-Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas dalam merencanakan proses pembelajaran
serta administrasi lainnya.
|
Guru
Kelas 1-2-3
|
Minggu
ke 4 bulan September 2014
|
8
|
Supervisi manejerial (administrative)
|
-Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas dalam merencanakan proses pembelajaran
serta administrasi lainnya.
|
Guru
Kelas 3-4-6
|
Minggu
ke 4 bulan September 2014
|
9
|
Supervisi manejerial (administrative)
|
-Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran
dalam
merencanakan proses pembelajaran dan administrasi lainnya
|
Guru
mapel PAI
Guru
maple Penjas
|
Minggu
ke 1 bulan Oktober 2014
|
10
|
Supervisi
terhadap Proses pembelajaran
|
Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas
dalam
melakukan proses pembelajaran
|
Guru
Kelas 1-2
|
Minggu
ke 4 bulan September 2014
|
11
|
Supervisi
terhadap Proses pembelajaran
|
Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas
dalam
melakukan proses pembelajaran
|
Guru Kelas
3-4
|
Minggu
ke 1 bulan Nopember 2014
|
12
|
Supervisi
terhadap Proses pembelajaran
|
-
Mengetahui dan meningkatkan kemampuan guru kelas
dalam
melakukan proses pembelajaran
|
Guru
Kelas 5-6
|
Minggu
ke 2 bulan Nopember 2014
|
13
|
Supervisi
terhadap Proses pembelajaran
|
Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas
dalam
melakukan proses pembelajaran
|
Guru
Mata Pelajaran
|
Minggu
ke 3 bulan Nopember 2014
|
Semester Genap
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
WAKTU
|
1
|
Supervisi
Manajerial
Perencanaan pembelajaran (administrative)
|
-Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas dalam
membuat Silabus, Promes,RPP
|
Guru
Kelas 1-2
|
Minggu
ke 3 bulan Januari 2014
|
2
|
Supervisi
Manajerial Perencanaan pembelajaran (administrative)
|
-Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas dalam
membuat Silabus, Promes,RPP
|
Guru
Kelas 3-4
|
Minggu
ke 4 bulan Januari 2014
|
3
|
Supervisi
Manajerial Perencanaan pembelajaran (administrative)
|
--Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas dalam
membuat Silabus, Promes,RPP
|
Guru
Kelas 5-6
|
Minggu
ke 1 bulan Pebruari 2014
|
4
|
Supervisi
Manajerial
pembelajaran
|
-Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas dalam
membuat Silabus, Promes,RPP
|
Guru
Mata Pelajaran PAI dan Penjaskes
|
Minggu
ke 2 bulan Pebruari 2014
|
5
|
Supervisi akademik terhadap Proses
pembelajaran
|
-Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru
Kelas 1-2
|
Minggu
ke 3 bulan Pebruari 2014
|
6
|
Supervisi terhadap Proses pembelajaran
|
-Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru
Kelas 3-4
|
Minggu
ke 4 bulan Pebruari 2014
|
7
|
Supervisi akademik terhadap Proses
pembelajaran
|
-Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru
Kelas 5-6
|
Minggu
ke 2 bulan Maret 2014
|
8
|
Supervisi
akademik terhadap Proses pembelajaran
|
-Mengetahui dan meningkatkan kemampuan guru mata
pelajaran dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru Mata Pelajaran PAI dan Penjaskes
|
Minggu ke 3 bulan Maret 2014
|
9
|
Supervisi
terhadap administrasi dan Proses pembelajaran guru kelas (sebagai bahan
penilaian Formatif PKG sebagai bahan PKB)
|
-Mengetahui
sejauh mana Kompetensi Guru dalam perencaan dan pelaksanaan proses
pembelajaran yang mengacu pada 14 Kompetensi
|
Guru
Kelas 1-2
|
Minggu
ke 4 bulan Maret
2014
|
10
|
Supervisi
terhadap administrasi dan Proses pembelajaran guru kelas (sebagai bahan
penilaian Formatif PKG sebagai bahan PKB)
|
-Mengetahui
sejauh mana Kompetensi Guru dalam perencaan dan pelaksanaan proses
pembelajaran yang mengacu pada 14 Kompetensi
|
Guru
Kelas 3-4
|
Minggu
ke 4 bulan Maret 2014
|
11
|
Supervisi
terhadap administrasi dan Proses pembelajaran guru kelas (sebagai bahan
penilaian Formatif PKG sebagai bahan PKB)
|
-Mengetahui
sejauh mana Kompetensi Guru dalam perencaan dan pelaksanaan proses
pembelajaran yang mengacu pada 14 Kompetensi
|
Guru
Kelas 5-6
|
Minggu
ke 1 bulan April 2014
|
12
|
Supervisi
terhadap administrasi dan Proses pembelajaran guru Mapel (sebagai bahan
penilaian Formatif PKG sebagai bahan PKB)
|
-Mengetahui
sejauh mana Kompetensi Guru dalam perencaan dan pelaksanaan proses
pembelajaran yang mengacu pada 14 Kompetensi
|
Guru
Mata Pelajaran
|
Minggu
ke 2 bulan April 2014
|
B.
Jadwal Kegiatan
KEGIATAN
PELAKSANAAN SUPERVISi
SEMESTER
1
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
NO
|
URAIAN
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
PELAKSANAAN / BULAN
|
KET
|
|||||
JULI
|
AGST
|
SEPT
|
OKT
|
NOV
|
DES
|
|||||
1
|
Penyusunan Program Supervisi
|
Terwujud program supervisi akademik dan supervise
Manajerial
|
Guru kelas dan Mapel
|
√
|
||||||
2
|
Sosialisasi program yang hendak dilaksanakan
|
Mensosialisasikan seluruh program,tujuan dan
sasaran supervisi
|
Guru kelas dan Mapel
|
√
|
||||||
3
|
Supervisi/bimbingan
perencanaan dilakukan di KKG tingkat sekolah
|
Melakukan anilisis SK/KD dan penyusunan Indikator
Pencapaian KD,yang bersifat tematik dan parsial serta mengaplikasikan budaya
karakter bangsa.
|
Guru kelas dan Mapel
|
√
|
||||||
4
|
Supervisi manejerial (administrative)
|
Mengetahui dan meningkatkan kemampuan guru kelas
dalam merencanakan proses pembelajaran serta administrasi lainnya.
|
Guru kelas
|
√
|
||||||
5
|
Supervisi manejerial (administrative)
|
Mengetahui dan meningkatkan kemampuan guru mapel
dalam merencanakan proses pembelajaran serta administrasi lainnya.
|
Guru mapel
|
√
|
||||||
6
|
Supervisi
akademik / Proses pembelajaran
|
Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas
dalam
melakukan proses pembelajaran
|
Guru
kelas
|
√
|
||||||
7
|
Supervisi
akademik / Proses pembelajaran
|
Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru mapel
dalam
melakukan proses pembelajaran
|
Guru
mapel
|
√
|
||||||
8
|
Refleksi
dan Tindak lanjut
|
Mengetahui
dan meningkatkan kempuan guru kelas dan guru mapel dalam perencanaan dan
tindakakan kegiatan belajar mengajar.
|
Guru kelas dan Mapel
|
√
|
Muara Padang, Juli 2014
Kepala
SDN 13 Muara Padang
MUKARDI, S.Pd NIP
196802251991041001
KEGIATAN
PELAKSANAAN SUPERVISI
SEMESTER
2
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
NO
|
URAIAN
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
PELAKSANAAN / BULAN
|
KET
|
|||||
JAN
|
PEBR
|
MART
|
APRL
|
MEI
|
JUNI
|
|||||
1
|
Supervisi manejerial (administrative)
|
Mengetahui dan meningkatkan kemampuan guru kelas
dalam merencanakan proses pembelajaran serta administrasi lainnya.
|
Guru kelas
|
√
|
||||||
2
|
Supervisi manejerial (administrative)
|
Mengetahui dan meningkatkan kemampuan guru mata
pelajaran dalam merencanakan proses pembelajaran serta administrasi lainnya.
|
Guru mapel
|
√
|
||||||
3
|
Supervise
Akademik/Proses Pembelajaran
|
Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru kelas
dalam
melakukan proses pembelajaran
|
Guru kelas
|
√
|
||||||
4
|
Supervise
Akademik/Proses Pembelajaran
|
Mengetahui
dan meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran dalam melakukan proses
pembelajaran
|
Guru mapel
|
√
|
||||||
5
|
Supervisi terhadap administrasi dan Proses
pembelajaran guru kelas (sebagai bahan penilaian Formatif PKG sebagai bahan
PKB)
|
Mengetahui sejauh mana Kompetensi Guru dalam
perencaan dan pelaksanaan proses pembelajaran yang mengacu pada 14 Kompetensi
|
Guru kelas dan Mapel
|
√
|
||||||
Refleksi
dan Tindak lanjut
|
Mengetahui
dan meningkatkan kempuan guru kelas dan guru mapel dalam perencanaan dan
tindakakan kegiatan belajar mengajar.
|
Guru kelas dan Mapel
|
√
|
Muara Padang, Juli 2014
Kepala SDN 13 Muara Padang
MUKARDI, S.Pd NIP 196802251991041001
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pelaksanaan kegiatan
supervisi yang efektif
adalah kegiatan pembinaan yang
dilakukan kepala sekolah yang mampu
memberikan kesan positif sehingga guru yang dibinanya merasa terbantu untuk
melakukan proses pembelajaran sehingga daya serap belajar siswanya lebih meningkat bila dibandingkan
dengan masa sebelumnya.
Proses
kegiatan supervisi saatnya diharapkan dianggap sebagai kebutuhan guru dalam
upaya memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya. Karena mustahil seseorang akan
mengetahui kekurangannya apabila tidak
ada yang berani untuk mengoreksinya ataupun
karena tidak siap menerima masukan ataupun kritik dan saran dari siapapun..
Namun dalam supervisi pendidikan diantara kedua belah pihak harus saling
menyadari bahwa kegiatan yang dilakukannya bertujuan untuk saling membangun demi meningkatnya mutu pendidikan.
B. Saran dan Harapan
Untuk
memperoleh kesuksesan dalam melaksanakan
suatu program kegiatan bukanlah hal yang mudah. Apalagi melaksanakan program
pendidikan. Namun tidak ada suatu pekerjaan yang tidak bisa diselesaikann
dengan baik apabila dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan kebersamaan.
Untuk itu penulis sarankan kepada semua guru untuk siap melakukan kegiatan ini
dengan sebaik – baiknya, dengan berpegang pada sebuah peribahasa berat sama
dipikul dan ringan sama dijinjing, serta sangat mengharapkan kritik dan
sarannya demi kemajuan pendidik di sekolah ini, maka dengan ketulusan dan
keikhlasan kita bekerja, mudah-mudahan akan menjadi amal ibadah Amiin.
Tak ada kata yang paling tepat semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan
Mutu pendidikan sesuai yang
diharapkan dan diamanatkan pada undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
ijin copas pa...terimaksih banyak
BalasHapusmaaf ijin duplikat pa.... trimksh
BalasHapus