Jumat, 05 Desember 2014

INSTRUMEN SUERVISI AKADEMIK




INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
Instrumen 9-a:
Administrasi Perencanaan Pembelajaran (Berdasarkan Standar Proses)
Administrasi Perencanaan Pembelajaran
Nama Sekolah/Madrasah             : ..........................................
Nama Guru                                     : ..........................................
Pangkat/Golongan                        : ..........................................
Mata Pelajaran                              : ..........................................
Jumlah Jam Tatap Muka               : ..........................................
Semester/Kelas                             : ..........................................
NO
KOMPONEN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
KONDISI
SKOR
KETERANGAN
KETERCAPAIAN
ADA
TIDAK
4
3
2
1
1
Program Tahunan






4= Sangat baik
3= baik
2= cukup
1= kurang
2
Program Semester






3
Silabus






4
RPP






5
Kalender Pendidikan






6
Jadwal Pelajaran






7
Agenda Harian






8
Daftar Nilai






9
KKM






10
Absensi Peserta Didik






11
Buku Pedoman Guru






12
Buku Teks Pelajaran







 
Keterangan : Nilai Akhir = Skor Perolehan x 100%  = 
Skor Maksimal (48)          
Ketercapaian : 86% - 100%                = Baik Sekali
      70% - 85%                  = Baik
      55% - 69%                  = Cukup
TINDAK LANJUT:

 
                    Dibawah 55%             = Kurang

                                                                                               
Banyuasin, 1 Oktober 2014
Guru yang disupervisi                                                    Kepala Sekolah/Madrasah

......................................                                             ............................................
                                 NIP.                                                                                      NIP.






Instrumen 9-b:

Check List Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Dokumen RPP Guru
Instrumen ini harus diisi berdasarkan dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru yang disupervisi akademik. Sertakan dokumen RPP guru Saudara sebagai pendukung dan bukti instrumen ini.

INSTRUMEN CHECK LIST RENCANA PEMBELAJARAN

Nama Guru                  :..............................................................
Sekolah/Madrasah                   :..............................................................
Kelas/Semester                         :..............................................................
Identitas Mata Pelajaran       :..............................................................
Standar Kompetensi                :..............................................................
Kompetensi Dasar                    :..............................................................
Hari/Tanggal Supervisi Akademik :..............................................................
NO
ELEMEN
BERI TANDA CENTANG
KOMENTAR
SARAN/ PERBAIKAN
YA
TIDAK
A
RPP yang lengkap dan sistematis memeuat komponen




1
Identitas satuan pendidikan




2
Identitas mata pelajaran atau tema/subtema




3
Kelas/program/semestar




4
Materi pokok




5
Alokasi waktu




6
Kompetensi Dasar yang harus




7
Indikator pencapaian kompetensi




8
Tujuan pembelajaran




9
Materi ajar




10
Metode pembelajaran




11
Media pembelajaran




12
Langkah-langkah pembelajaran; pendahuluan, inti, penutup




13
Sumber belajar




14
Penilaian pembelajaran




B
Prinsip Penyusunan RPP




15
Mempertimbangkan perbedaan kebutuhan setiap peserta didik




16
Mendorong partisipasi aktif peserta didik (pembelajaran aktif);




17
Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar




18
Mengembangkan budaya membaca dan menulis




19
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi




20
Menekankan keterkaitan dan keterpaduanantara KD, materi pembelajaran, kegiatan pem-belajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar




21
Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya




22
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi





Banyuasin,
Guru yang disupervisi                                                    Kepala Sekolah/Madrasah


......................................                                             ............................................
                                 NIP.                                                                                      NIP.

















INSTRUMEN  9 C
Lembar Observasi/Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas
Gunakan juga instrumen ini untuk melakukan wawancara dengan guru dan peserta didik, agar mendapatkan penjelasan lebih lanjut jika diperlukan.
Lembar Observasi/Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas
Sekolah/madrasah                                   : ……………………………..……………………………..
Nama Guru                                  : ……………………………..……………………………..
Kelas, Semester                                        : ……………………………..……………………………..
Identitas Mata pelajaran                       : ……………………………..……………………………..
Hari/ tanggal Supervisi akademik       : ……………………………..……………………………..
Petunjuk:
Berikut ini disajikan poin-poin berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran. Berilah tanggapan sesuai dengan apa yang Saudara amati, dengan memberi tanda cek (√) pada kolom pilihan.
Ketentuan (√) adalah sebagai berikut:
5 : dilakukan dengan sangat baik
4 : dilakukan dengan baik
3 : cukup dilakukan dengan baik
2 : kurang baik dilakukan
1 : tidak dilakukan
NO
KOMPONEN (URAIAN)
SKOR
1
2
3
4
5
A
Kegiatan Pendahuluan





1
Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran





2
Guru melakukan kegiatan appersepsi (mengajikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari)





3
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai





4
Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus





B
KEGIATAN INTI






Eksplorasi





1
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentng topic/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber





2
Guru memilih dan menggunakan media dan sumber belajar dengan tepat





3
Guru menggunakan metode dengan tepat (mengacu pada karakteristik materi dan siswa)





4
Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain





5
Guru menfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya





6
Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran





7
Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan






Elaborasi





1
Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna





2
Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru, baik secara lisan maupun tertulis





3
Guru memberikan kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut





4
Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif





5
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar





6
Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan, baik secara lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok





7
Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok





8
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan





9
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan





C
Konfirmasi





1
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik





2
Memberikan latihan pengembangan untuk mengaplikasikan hasil eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi





3
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi & elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber





4
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan





5
Guru berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar





6
Guru membantu menyelesaikan masalah





7
Guru memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi





8
Guru memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh





9
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif





C
Kegiatan Penutup





1
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran





2
Memberikan latihan pengembangan untuk mengaplikasikan hasil eksplorasi, elaborasi dam konfirmasi





3
Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram





4
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran





5
Guru memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah





6
Guru merencanakan kegiatan tindal lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan, layanan konseling da/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar peserta didik





7
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya





D
Penilaian





1
Guru melaksanakan penilaian hasil belajar





2
Guru menyampaikan kompetensi yang telah dicapai kepada siswa





3
Guru memberikan tugas mandiri kepada siswa





E
Komponen Umum





1
Sajian isi materi pembelajaran terorganisasi dengan tepat (mudah ke sulit, sederhana ke kompleks, dsb)





2
Antusias siswa





3
Melaksanakan pembelajaran secara runtut dan/atau mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang direncanakan





4
Penggunaan waktu sesuai yang direncanakan





5
Menggunakan bahasa yang santun, komunikatif, baik dan benar






Rekomendasi













Banyuasin, .................................
Guru yang disupervisi                                                    Kepala Sekolah/Madrasah


......................................                                             ............................................
                                 NIP.                                                                                      NIP.
Pengolahan Hasil Pengamatan
Skor Indikator keberhasilan
Keberhasilan pelaksanaan kegiatan pembelajaran diskor berdasarkan pertimbangan kualitas proses dan hasil yang diklasifikasikan sebagai berikut:
Skor tiap aspek: merupakan jumlah skor dari komponen

 
     
Kinerja komponen aspek = Jumlah skor komponen yang diperoleh     =      
                                                Jumlah skor maksimum setiap komponen         

Skor Total: merupakan jumlah skor semua komponen (jumlah skor total = 220)
Nilai Kinerja
AMAT BAIK = skor 162 – 220
BAIK               = skor 132 – 160
CUKUP          = skor 112 – 130
KURANG       = skor ≤ 112
Perhitungan Nilai
Klasifikasi nilai kinerja diberikan pada komponen dan Grand Summary (Umum) dengan kriteria sebagai berikut:
AMAT BAIK = 81 – 100 %
BAIK               = 66 – 80 %
CUKUP          = 56 – 65 %t
KURANG       = ≤ 56

Instrumen 9-d
Daftar Pertanyaan Setelah Observasi
No
Pertanyaan
Jawaban
1
Bagaimana pendapat Saudara setelah menyajikan pelajaran ini?

2
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?

3
Dapatkah Saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?

4
Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?

5
Apa yang menjadi kesulitan siswa?

6
Apa yang menjadi kesulitan Saudara?

7
Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan Saudara?

8
Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja Saudara lakukan dan pengamatan saya

9
Dengan demikian, apa yang akan Saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?


Kesan umum


Saran



Banyuasin, 1 Oktober 2014
Kepala sekolah



…………………………………….
NIP.









REKAPITULASI HASIL SUPERVISI AKADEMIK
No
Nama
NILAI

Catatan hasil temuan
Perangkat pembelajaran
Proses pembelajaran
Penilaian
Pembelajaran
Skor rata-rata







































































Rentang penilaian:                                                                   Banyuasin,
91-100            = A                                                                         Kepala sekolah
75-90              = B
55-74              = C
<55                  = K                                                                          ........................................















MENYUSUN RENCANA TINDAK LANJUT


NO

KEGIATAN
TAGIHAN
WAKTU
PIHAK TERKAIT
1
Melaksanakan supervisi perangkat pembelajaran



2
Melaksanakan supervise proses pembelajaran



3
Melaksanakan supervisi penilaian pembelajaran



4
Mempersiapkan laporan dan presentasi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar